Masalah virus dan download update anti virus terbaru



Saya sering sekali ditanya oleh beberapa teman yang sering mengalami masalah virus dengan komputer atau laptopnya, pertanyaannya sederhana yaitu apa anti virus yang terbaik, yang bisa memproteksi komputer dari segala jenis virus? pertanyaan ini muncul mungkin karena teman saya sudah menginstall anti virus di komputernya tetapi tetap saja bermasalah dengan virus-virus yang merusak system atau bahkan sampai menghapus atau mengambil data dari harddisk dengan mudah.

 

Saya bertanya balik kepada mereka, pakai anti virus apa? beragam jawabannya, mulai dari produk anti virus yang gratis seperti AVG, Avira, Panda, Avast maupun anti virus lokal seperti smadav atau bahkan yang berbayar keluaran Norton, Kapersky, NOD32 dan lain-lain. Muncul pertanyaan kembali dari saya, kapan menginstall anti virus tersebut dan apakah sudah pernah di update dengan basis data update virus yang terbaru? beragam jawabannya, tetapi hampir 100% menjawab “Maksudnya update bagaimana?”.┬áDari sini saya bisa menilai bahwa teman saya hanya sebatas menginstall anti virus tersebut, tetapi tidak memperhatikan masalah lainnya yang lebih penting yaitu memperbarui basis data anti virus terbaru yang diinstallnya tersebut. Kemungkinan besar hal inilah yang membuat komputer mereka tidak terproteksi dengan baik.

Fungsi utama update database anti virus adalah memperbarui daftar virus yang lama dengan yang terbaru. Setiap hari mungkin ada ribuan virus baru yang disebarkan melalui jaringan internet, hal penting inilah yang perlu diperhatikan bahwa anti virus yang sudah terinstal dan jarang atau bahkan belum pernah di update tidak dapat mengenali virus-virus baru tersebut sehingga virus dapat dengan mudah masuk kedalam system komputer kita. Memperbarui basis data virus perlu dilakukan secara berkala, jika komputer anda terkoneksi dengan internet bisa dilakukan secara online dengan sistem otomatis, tapi jika tidak maka dapat dilakukan dengan mengunduh file yang disediakan oleh penyedia anti virus dan memperbaruinya secara manual dengan offline update.

Waktu yang ideal untuk mengupdate adalah 1-2 minggu sekali, atau tergantung dengan ketersediaan file database terbaru dari masing-masing produsen anti virus. Untuk produk anti virus yang sudah terkenal dipasaran biasanya sudah bisa diupdate setiap 1 minggu sekali baik secara online ataupun offline update. Untuk saya pribadi, saya selalu mengupdate antivirus yang saya gunakan untuk meminimalisir kemungkinan terinfeksi virus yang perkembangannya luar biasa akhir-akhir ini.

Jika sobat sering mengalami masalah dengan virus, pertanyaan dari saya adalah sudahkah sobat mengupdate anti virus anda? Jika belum, segeralah lakukan agar virus tidak mengganggu segala aktifitas komputer dan data pekerjaan sobat yang tersimpan di komputer.

EmailEmail