Google Place, cara tepat promosi usaha anda secara online



Google Place

Perkembangan penggunaan search engine beberapa bulan terakhir ini sudah mencapai tahap yang sangat detail, sekarang para pengguna search engine tidak hanya mencari sekedar informasi yang berupa artikel/tulisan, file atau video tetapi juga mengarah pada pencarian informasi lokasi untuk berbagai keperluan. Jika kita tidak mempunyai referensi tempat yang ingin kita cari atau ingin mencari suatu keperluan yang dekat dengan lokasi kita, maka sekarang cukup dengan mengetikannya langsung di Google maka akan muncul beberapa referensi lokasi usaha atau jasa yang  ada di kota tempat tinggal kita.

Sebagai contoh, misalnya saja jika kita ingin mencari Toko Kue di Jakarta, maka dengan mengetikan “Toko Kue di Jakarta” di google search maka akan muncul informasi toko kue di jakarta lengkap dengan peta lokasinya.Contoh lainnya, jika ingin membeli laptop baru di jakarta dan ingin mencari lokasi toko komputer yang terdekat, maka cukup dengan mengetikan “Komputer di Jakarta” maka akan muncul beberapa referensi toko komputer di Jakarta yang juga lengkap dengan peta lokasinya. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat screenshot dibawah ini.

Screenshot Keyword “Toko Kue di Jakarta”

Bagaimana Google bisa menampilkan lokasi toko/tempat usaha bisnis pada halaman hasil pencarian? Jawabannya adalah, hasil pencarian adalah berdasarkan usaha yang telah terdaftar melalui Google Place, Google place merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh Google kepada para pemilik usaha dan jasa untuk menginformasikan kegiatan usaha kepada seluruh pencari dan ditampilkan berdasarkan pencarian nama kota. Dari halaman Google Place, bahwa 97% pelanggan mencari informasi lokasi usaha secara online. Untuk mendaftar pada Google Place, cukup dengan akun Google maka kita dapat mendaftarkan website serta lokasi usaha secara gratis.

Google lebih mengutamakan menampilkan hasil pencarian lokasi dibandingkan dengan hasil pencarian Web jika kata kunci yang dimasukan menyertakan nama kota yang ada pada Google Map.

Dari segi SEO, saya melihat peluang ini adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mempromosikan perusahaan ataupun jasa secara online, selain menginformasikan lokasi usaha kepada para pencari informasi, halaman SERP (Search Engine Result Page) juga akan menampilkan website milik kita. Kalau kita lihat dari halaman screenshot diatas, tempat-tempat yang ada di hasil pencarian ada di posisi yang bagus, yaitu posisi teratas dari SERP. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa hasil pencarian Google lebih mengutamakan menampilkan hasil pencarian lokasi dibandingkan dengan hasil pencarian Web jika kata kunci yang dimasukan menyertakan nama kota yang ada pada Google Map.

Sobat merupakan pemilik usaha?, masih banyak kata kunci yang bisa kita ambil dalam memanfaatkan peluang ini karena masih sedikitnya informasi yang ada di dalam hasil pencarian yang berdasarkan lokasi. Jika sobat memiliki usaha service komputer, bengkel kendaraan, dealer mobil, butik kebaya, café/restaurant, agen asuransi, atau bahkan pemilik usaha atau jasa apapun di kota tempat Sobat tinggal, silahkan memanfaatkan peluang ini sebagai salah satu cara yang tepat untuk mempromosikan usaha dan jasa sobat secara online.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menampilkan website atau lokasi usaha dihasil pencarian Google? Untuk seri tulisan saya selanjutnya, insyaAllah saya akan menjelaskan bagaimana mendaftarkan usaha sobat beserta lokasinya sehingga dapat tampil dihalaman Google SERP lengkap dengan peta lokasi usaha sobat.

EmailEmail