Cara daftar Google Place untuk pencarian lokal

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang Google Place untuk promosi bisnis, sekarang saya akan mencoba untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana mendaftar Google Place dan memasukan informasi perusahaan sobat beserta lokasinya kedalam daftar Google Place sehingga dapat tampil di halaman hasil pencarian Google lengkap dengan peta lokasi perusahaan sobat.

Hal yang paling penting untuk mendaftar Google Place adalah sobat harus mempunyai akun Google, akun ini nantinya dapat digunakan pada seluruh layanan Google, seperti Gmail, Google+. Jika belum punya, sobat silahkan daftar, prosesnya mudah,cepat dan gratis,  hanya dibutuhkan no handphone sobat untuk verifikasi.

Ok, langkah pertama silahkan sobat login ke halaman Google Place

Sesaat setelah login, sobat akan diminta memasukan nomer telepon sobat/usaha/jasa yang akan didaftarkan. Hal ini untuk memastikan bahwa no telepon yang akan didaftarkan belum ada dalam daftar google place. Masukan Nomer Telepon pada bagian kolom “Phone Number” lalu klik “Find Bussines Information”

Jika nomer telepon sobat memang belum terdaftar, maka silahkan lanjutkan langkah berikutnya, yaitu pengisian data “Basic Information”. Walaupun “Basic” tetapi langkah ini adalah bagian yang vital, karena pada bagian basic ini sobat dapat memasukan keyword yang berhubungan dengan bisnis/jasa sobat. Sobat dapat memanfaatkan kolom “Company/Organization”, “Description” dan “Category” untuk meningkatkan rangking SEO.

Misalnya, sobat mempunyai Bengkel Mobil bernama “Jaya” yang khusus service mobil Daihatsu, maka pada bagian “Company/Organization” dapat diisi dengan “Bengkel Jaya – Bengkel Mobil Daihatsu Jakarta” atau sobat bisa kombinasikan keyword sesuai yang sobat inginkan.

Pada bagian Description, sobat dapat mengisi dengan “Bengkel Jaya, Bengkel mobil di Jakarta khusus untuk Mobil Daihatsu, Buka 24 jam, ahli dalam memperbaiki masalah-masalah mobil, melayani panggilan untuk service mobil dan spare part Daihatsu.”

Lalu pada bagian “Category”, sobat dapat mencari kategori yang sesuai dengan bisnis sobat, sobat juga bisa menambahkan lebih dari satu category, misalnya dalam kasus ini kategorinya adalah “Car Service” dan “Auto Repair Service”.

Jika sobat memperhatikan, pada saat mengisi informasi alamat pada kolom “Street Adress”, secara otomatis Google Place akan mencari alamat yang diketikan dan menampilkan dikotak sebelah kanan, tetapi jika tampilan peta tidak sesuai dengan alamat yang kita masukan maka kita dapat memperbaiki dengan mengklik bagian “Drag  the marker to correct location”, maka akan terbuka jendela baru “Change map marker location” untuk memperbaiki posisi marker sesuai dengan  lokasi bisnis sobat.

Sobat dapat memindahkan marker (Titik Merah) sesuai dengan keinginan sobat, sebagai contoh, saya memindahkan lokasi titik A ketitik lokasi yang baru.

Pada bagian-bagian selanjutnya, (Service Areas and Location Settings, Hours of operations, Payment options, Photos, Videos, Additional Details) silahkan sobat isi sesuai dengan kondisi bisnis/jasa sobat. Jika ada logo perusahaan sobat bisa masukan dibagian photos, jika ada video sobat silahkan unggah video ke youtube terlebih dahulu lalu disertakan linknya di bagian video.

Selanjutnya silahkan Klik tombol “Submit”

Dihalaman ini sobat diminta untuk melakukan verifikasi, ini dilakukan untuk alasan privasi dan keamanan, ada 2 cara untuk verifikasi yaitu via Telpon dan SMS. Saya lebih suka memilih SMS karena prosesnya yang tidak memakan waktu lama.

Sobat bisa isikan no hp pada form no telp dengan klik “add more phone numbers”, lalu klik finish dan tunggu sampai ada SMS yang berisi kode PIN verifikasi yang harus dimasukan ke kolom Status. Silahkan masukan PIN tersebut agar halaman Google Pages sobat ter-publish.

Sampai saat ini proses pendaftaran Google Place telah selesai, jika sobat memiliki lebih dari satu kantor, misalnya “Bengkel Jaya” punya banyak cabang (Bengkel Daihatsu Jakarta Barat/Bengkel Daihatsu Bandung/Bengkel Daihatsu Cirebon), sobat dapat memanfaatkan upload data sekaligus dengan format yang sudah ditentukan yaitu CSV, ODS, TSV, XLS atau XLSX. Sobat dapat menggunduh template formatnya dan disesuaikan dengan informasi bisnis sobat.

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mengoptimasi halaman Google Place yang telah kita buat, sehingga halaman Google Place dan Website bisnis sobat bisa mendapat rangking yang maksimal dalam SERP? Insyaallah saya akan mencoba menjelaskan dalam artikel Optimasi Google Place selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

EmailEmail