Cara research keyword untuk SEM & SEO



Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk melakukan research keyword, salah satunya adalah product Google Keyword Planner yang bisa digunakan secara gratis, atau bisa dengan beberapa tools yang berbayar dengan fitur dan harga yang bervariasi antara lain adalah keyword discovery, keyword tracker dan juga semrush.

Untuk melakukan keyword research, tahap yang dilakukan biasanya adalah:

Kategori –> Relevan keyword –> High volume keyword –> Target keyword

Setelah melakukan beberapa tahap diatas, maka akan ditemukan target keyword yang bisa digunakan baik itu untuk SEO maupun SEM.

Pada SES Hongkong beberapa hari lalu, salah satu pembicara yaitu Senior SEO consultant dari SEOGadget, Jon Quinton, memberikan presentasi mengenai bagaimana mendapatkan keyword yang sesuai dengan kategori dan user behaviour. Didalam presentasinya JonQ menjelaskan bagaimana mendapatkan keyword yang bisa sangat berguna untuk menjalankan kampanye search engine marketing (SEM) dan juga bisa digunakan untuk search engine optimization (SEO), berikut ini adalah presentasi dari JonQ yang di bagikan melalui slideshare

Didalam presentasinya tersebut, JonQ juga memberikan penjelasan bagaimana melakukan keyword research dengan mengambil data dari kompetitor website dengan menggunakan serta menggabungkan beberapa tools sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih akurat dibandingkan dengan hanya menggunakan single tools. Dipresentasi tersebut juga dijelaskan bagaimana menganalisa hasil keyword yang didapatkan untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna dan meningkatkan jumlah pengunjung website.

Mungkin akan lebih jelas jika JonQ bisa datang untuk memberikan penjelasan dan presentasi langsung pada SES Jakarta yang baru akan diselenggarakan pada bulan Maret tahun depan. Kita tunggu saja…
aristianto signature

 

 

EmailEmail