Google Hummingbird, algoritma terbaru dari Google



Setelah berbagai jenis varian Penguin dan Panda telah diluncurkan oleh Google, menyambut ulang tahunnya yang ke-15, Google kembali meluncurkan varian terbaru dari algoritma pencariannya yaitu menggunakan sandi Hummingbird.

Google telah meluncurkan Hummingbird terbaru dan telah memberikan dampak sebesar 90% pencarian melalui Google

Google Hummingbird

Hummingbird

Hal ini sebenarnya sudah menjadi issue sejak akhir Agustus lalu, tetapi tidak ada yang mengira bahwa Google ternyata menggunakan algoritma pencarian terbaru dengan nama sandi baru, berbeda dengan sandi-sandi sebelumnya. Hal ini juga ditegaskan oleh +Amit Singhal, Google Sr. VP of Search, mengatakan bahwa pihak Google telah meluncurkan Hummingbird terbaru dan telah memberikan dampak sebesar 90% pencarian melalui Google.

Hummingbird adalah salah satu usaha Google untuk memperbarui algoritma pencarian secara total dalam 1 dekade terakhir. Dengan Hummingbird, algoritma ini akan memperhatikan setiap kata yang dicari, memperhitungkan dan akan memberikan hasil pencarian berdasarkan kalimat keseluruhan, tidak tergantung pada kata tertentu saja. Tujuannya adalah memberikan hasil pencarian yang lebih akurat untuk para pengguna Google.

Bagaimana dengan metode Search Engine Optimization, apakah dampaknya terhadap SEO setelah diluncurkannya metode ini? Melalui penjelasan Danny Sullivan mengenai update terbaru ini, tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk optimasi mesin pencari.  Google menambahkan bahwa tidak ada yang baru atau berbeda untuk SEO, metode SEO tetap sama dengan mengutamakan keaslian dan kualitas kontent. Proses link building yang dilakukan dengan baik akan tetap dihitung, dengan algoritma Hummingbird Google akan memproses dengan cara baru dan diharapkan akan lebih baik.

Untuk saya pribadi, ini jelas merupakan tantangan yang baru untuk SEO, yaitu dengan lebih mengutamakan konten untuk user, bukan untuk mesin pencari. Dengan kata lain, optimasi on-page dalam proses SEO akan memberikan nilai lebih dibandingkan dengan proses off-page. Dengan begitu, maka website yang disukai oleh user akan dengan sendirinya teroptimasi.

Mengenai Hummingbird (Burung Humming) adalah jenis burung terkecil didunia yang mempunyai ukuran maksimal sekitar 7.5-13cm dengan berat yang bervariasi tergantung jenis spesies. Walaupun mempunyai ukuran yang kecil, burung Humming ini dapat mengepakkan sayapnya hingga mencapai 80 kali per-detik dan kepakannya mempunyai suara mirip dengan lebah. Keunikan lain dari burung ini adalah bisa terbang mundur sambil menghisap bunga yang merupakan santapan utamanya. Tidak ada penjelasan dari Google kenapa mereka menggunakan nama burung ini sebagai sandi algoritma terbaru mereka.

aristianto signature

Silahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

EmailEmail