Perkembangan trend SEO tahun 2012



Memasuki pertengahan tahun 2012 ini, banyak perkembangan yang telah terjadi dalam hal optimasi mesin pencari atau lazimnya disebut dengan SEO (Search Engine Optimization). Secara garis besar, faktor-faktor penentu SEO masih sama dengan beberapa tahun lalu, banyak hal masih berkaitan dengan SEO Off-page dan On-page.

perkembangan seo 2012
Tidak bisa dipungkiri juga bahwa sosial media masih berperan sangat besar dalam perkembangan SEO pada tahun ini, walaupun sudah tidak digunakan lagi pada halaman hasil pencarian / SERP (Search Engine Result Page), namun pada awal tahun 2010 lalu Google SERP sudah menampilkan hasil Live Result dari twitter. Saat ini Facebook dan Twitter masih digunakan dalam perhitungan algortima mesin pencari dan merupakan sosial media dengan pengguna terbanyak, tetapi Google+ memberikan efek SEO yang lebih lebih baik dibandingan dengan kedua sosial media tersebut, terutama pada tombol google+1. Jika anda belum memiliki akun Google+, segera manfaatkan sosial media tersebut untuk optimasi situs anda di mesin pencari.

Makin bertambahnya pengguna smartphone pada tahun ini secara tidak langsung juga memberikan dampak pada algoritma mesin pencari. Peralihan trend pengguna desktop internet browser ke mobile browser juga wajib diperhitungkan. Google for mobile lebih merekomendasikan hasil pencarian kepada situs yang menyediakan halaman khusus untuk tampilan mobile. Jika anda menggunakan CMS yang menyediakan halaman mobile secara otomatis, maka akan mempermudah anda untuk melakukan optimasi untuk hasil mobile serp.

Yang terakhir adalah hasil personalisasi dan pencarian lokal yang makin akurat. Google telah memanjakan penggunanya dengan meningkatkan algoritma mesin pencarinya. Untuk para pencari informasi, hal ini tentu saja sangat menguntungkan dari segi akurasi, lain halnya untuk para penggiat SEO dan pemilik situs. Personalized dan Local search ini tentu saja menambah daftar pekerjaan untuk optimasi sebuah situs. Beruntunglah untuk para pemain konten lokal, karena dapat dengan leluasa mendominasi hasil pencarian, tapi untuk konten yang berbasis internasional, ini adalah merupakan tantangan.

EmailEmail