Digital Marketing

Tips Mendapatkan Facebook “Like, Comment dan Share” lebih banyak [Infografis]

Salah satu parameter kesuksesan sebuah halaman di facebook adalah dengan mengukur banyaknya Like, komentar dan share yang dilakukan. Untuk meningkatkan jumlah Like, Comment dan Share di facebook bisa dilakukan dengan melakukan beberapa percobaan, misalnya dengan melakukan percobaan pada format Call-To-Action, waktu dan hari publikasi status, target jenis kelamin dan lokasi, percobaan type status, sampai dengan ukuran & jenis kriteria gambar.

Dan Zarella, seorang spesialist sosial media dari HubSpot melakukan penelitian dengan mengumpulkan data dari 1.3 juta status yang dipublikasikan dari 10.000 halaman di Facebook. Berikut ini adalah tips dari Dan Zarrella untuk meningkatkan jumlah Like, Comment dan Share di Facebook yang dikemas dalam bentuk infografis.

(more…)

Cara research keyword untuk SEM & SEO

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk melakukan research keyword, salah satunya adalah product Google Keyword Planner yang bisa digunakan secara gratis, atau bisa dengan beberapa tools yang berbayar dengan fitur dan harga yang bervariasi antara lain adalah keyword discovery, keyword tracker dan juga semrush.

Untuk melakukan keyword research, tahap yang dilakukan biasanya adalah:

Kategori –> Relevan keyword –> High volume keyword –> Target keyword

Setelah melakukan beberapa tahap diatas, maka akan ditemukan target keyword yang bisa digunakan baik itu untuk SEO maupun SEM.

Pada SES Hongkong beberapa hari lalu, salah satu pembicara yaitu Senior SEO consultant dari SEOGadget, Jon Quinton, memberikan presentasi mengenai bagaimana mendapatkan keyword yang sesuai dengan kategori dan user behaviour. Didalam presentasinya JonQ menjelaskan bagaimana mendapatkan keyword yang bisa sangat berguna untuk menjalankan kampanye search engine marketing (SEM) dan juga bisa digunakan untuk search engine optimization (SEO), berikut ini adalah presentasi dari JonQ yang di bagikan melalui slideshare

Didalam presentasinya tersebut, JonQ juga memberikan penjelasan bagaimana melakukan keyword research dengan mengambil data dari kompetitor website dengan menggunakan serta menggabungkan beberapa tools sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih akurat dibandingkan dengan hanya menggunakan single tools. Dipresentasi tersebut juga dijelaskan bagaimana menganalisa hasil keyword yang didapatkan untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna dan meningkatkan jumlah pengunjung website.

Mungkin akan lebih jelas jika JonQ bisa datang untuk memberikan penjelasan dan presentasi langsung pada SES Jakarta yang baru akan diselenggarakan pada bulan Maret tahun depan. Kita tunggu saja…
aristianto signature

 

 

Cara menggunakan Google Adwords Keyword Planner

Setelah bulan Mei lalu Google meluncurkan tools baru mereka yang disebut dengan Google Adwords Keyword Planner dengan tetap mempertahankan tools yang sudah lama ada yaitu Google Adwords Keyword Tools, akhirnya secara resmi menutup Google Adwords keyword tools dan menggantikannya dengan tools yang baru ini.

Cara Menggunakan Google Adwords Keyword Planner

Keyword Tools Vs Keyword Planner

Untuk saya yang terbiasa dengan Adwords keyword tools, agak sedikit membingungkan ketika pertama kali menggunakan Keyword Planner terutama untuk mencari volume kata kunci. Tetapi dengan melihat video tutorial dan mencoba langsung Keyword Planner beberapa kali akhirnya saya mulai terbiasa dengan Keyword Planner yang baru ini.

Agak sedikit lebih repot jika ingin mencari volume pencarian untuk keyword match type, seperti Broad Match, Phrase Match atau Exact Match, tetapi dengan tampilan yang lebih minimalis dan juga beberapa fitur tambahan Keyword Planner ini mulai terasa lebih mudah dibandingkan dengan Google Keyword tools sebelumnya.

Untuk yang tertarik dengan tools terbaru dari Google Adwords ini, silahkan lihat video tutorial untuk melihat beberapa fitur dasar dari Google Adwords Keyword Planner.

 

aristianto signature